Login | Register

Advanced Search

Oli Motor Matic

Penggantian oli menjadi salah satu yang sangat penting untuk diperhatikan oleh para pemilik motor, termasuk jenis transmisiotomatis alias matic. Banyak pemilik motor matic lebih memilih oli khusus untuk motor mereka. Memang, oli motor manual juga dapat digunakan untuk motor matic. Namun, alangkah lebih baiknya menggunakan oli motor matic yang memang dibuat khusus.

Saat ini, banyak sekali merek oli yang bagus di pasaran untuk motor metik https://www.republikseo.web.id/rekomendasi-oli-motor-matic-terbaik-di-indonesia/. Harganya pun beragam. Harga yang paling mahal sampai yang paling murah ada di pasaran. Untuk itu, para pemilik motor metic harus berhati – hati saat memilih oli untuk motor mereka. Harus teliti ketika memilih oli.

Selain memperhatikan jenis oli motor, hal penting lainnya adalah menggantinya secara berkala. Menganti oli secara berkala dapat menjaga kinerja mesin tetap optimal. Sehingga, waktu penggantian secara berkala perlu menjadi perhatian pemilik motor. Pada umumnya motor matic harus melakukan pergantian oli setiap menempuh jarak 3.000 – 4.000 km.

Mungkin banyak dari kita sadar akan pentingnya mengganti oli pada motor. Namun, disisi lain kita juga tidak paham mengenai oli yang harus digunakan http://demod.kundecorporativo.com/main/upload/users/54/54/oli.html. Terlebih bagai orang yang juga awam tentang mesin kendaraan. Jadi berikut informasi mengenai oli motor matic yang harus Anda ketahui.

Jenis-jenis Oli Motor Matic

Oli pada motor metic sedikit berbeda dari motor manual. Dalam motor metik ada dua jenis oli yang di bunakan. Yaitu oli mesin dan oli transmisi. Oli transmisi juga disebut oli gardan. Kedua oli ini mempunayi peranan masing – masing untuk mesin motor metik.

Oli mesin mempunyai tiga fungsi dalam menjaga mesin. Fungsi yang pertama adalah mengurangi gesekan antar komponen mesin. Motor matic terdiri dari ratusan part mesin dan oli yang menjadi pelumasnya. Sehingga, akan memebrikan efek panjang umur pada mesin motor.

Fungsi kedua adalah pendingin atau memindahkan panas dari dalam mesin motor ke luar. Sedangkan fungsi ketiga oli mesin adalah untuk mengendalikan kotoran. Jadi, hasil gesekan antar mesin akan menghasilkan sisa pembakaran. Sisa pembakaran ini akan dibawa oleh oli https://fliphtml5.com/homepage/qujqq. Hal ini lah yang menyebabkan oli berwana hitam.

Itulah tiga fungsi mesin dalam motor metik. Selanjutnya adalah fungsi oli transmisi atau gardan. Pentingnya oli ini jarang disadari oleh pemilik motor metik. Padahal oli ini mempunayi fungis atau tugasnya sendiri. Oli transmisi sama pentingnya untuk selalu diganti secara berkala seperti oli mesin.

Fungsi oli transmisi adalah menghaluskan kinerja transmisi otomatis yang komponennya saling bergesekan. Komponen yang saling bergesekan akan menimbulkan bunyi jika tidak diolesi oli transmisi. Suara bisik akan berasal dari box CVT motor matik agan.

Disclaimer

This page contains user generated content and does not necessarily reflect the opinions of this website. For more information please refer to our Terms and Conditions. If you would like to report the content of this page as objectionable, please contact us.